Sunday, March 18, 2012

Cinta, Sayang dan Suka

Entah sampai saat ini saya sendiri belum mengerti dengan jelas pengertian dan perbedaan antara 3 hal tersebut. Ada beberapa pihak yang menyampaikan cinta dan sayang itu sama, tetapi tak sedikit juga yang mengatakan bahkan 2 kata tersebut memiliki sisi perbedaan. Perbedaan  yang dimaksudkan adalah, jika cinta itu adalah sebuah rasa ingin memiliki, sedangkan sayang itu belum tentu ingin memiliki. Lantas apa perbedaannya dengan suka?  Hal tersebut semakin membuat ruwet ya? Hehehe
          Sudahlah, terkadang saya tidak terlalu berkutat pada pengertian secara istilah atau bahasa meski kadang itu perlu. Tetapi saya sering mempelajari apa yang ada dalam diri saya atau orang – orang disekililing saya, bukan mempelajari tetapi awalnya mengamati lebih tepatnya, kemudian menemukan beberapa keanehan atau sesuatu yang tidak normal yang terjadi baru kemudian kesimpulan itu muncul.
          Cinta, banyak fenomena cinta yang saya temukan akhir-akhir ini, entah beneran cinta atau sayang atau suka, yang terjadi pada keluarga saya maupun teman-teman saya. Sejujurnya, saya lebih mudah menangkap cinta itu pada orang lain atau orang yang ada disekeliling saya daripada menangkap cinta yang ada pada diri saya sendiri. Bagaimana tidak, orang yang mencintai seseorang selalu atau sering sekali menceritakan tentang orang yang dicintainya, dan posisi saya, sebagai pendengar, pemberi tanggapan dan saran (baca:jika diperlukan ) Itulah salah satu ciri yang saya tangkap sebagai salah satu orang yang menyaksikan orang yang sedang jatuh cinta. Pasti banyak sekali ciri-ciri yang lainnya, misalnya dari bahasa tubuh seperti cara melihat, cara berbicara, mimik muka dan sebagainya. Tetapi sejujurnya saya bukan pihak yang peka terhadap bahasa tubuh, saya lebih sering menangkap orang dari bahasa berbicara dan tulisan yang ditulis oleh seseorang. Yah, dari bahasa yang terucap dan tulisan yang tertulis beberapa kali saya bisa sedikit membaca apa yang sedang pihak lawan bicara pikirkan, bisa marah, sedih, bingung atau kadang sekedar mencari basa-basi ( ini yang sering terjadi ^^ )
          Anayway back to cinta, sayang atau suka, sebenarnya saya mengangkat tema ini karena beberapa bulan yang lalu seorang teman saya dari negeri seberang menanyakan kepada saya apa perbedaan antara “Love” and “like” saat itu saya menjawab beda lah, tetapi saat ditanya alasannya saya juga bingung. Entahlah, kadang ketika membahas masalah tersebut terutama dala m hal definisi tidak akan ada habisnya. Tetapi saya yakin setiap orang pernah merasakannya entah itu cinta atau suka. Ya kan?
          Fenomena yang saat ini terjadi ada penyempitnya pengertian cinta itu sendiri, ketika berbicara cinta, seakan- akan pikiran orang terhenti pada konsep lawan jenis saja. Bukankah cinta juga berlaku pada keluarga, teman, dan sahabat kita? Kalau bukan cinta, lantas apakah itu ? sayang? Suka? Hohoho... sudahlah, yang pasti menurut saya perspektif orang tentang cinta berbeda- beda kaya warna, tetapi tetap bisa dirasakan. Ya kan? hehe

2 comments: